Perjuangan Ali Bin Abi thalib bersama Rasulullah SAW
Secara
positif, landasan dakwah Nabi saw. adalah mengajak umat manusia kepada
perdamaian dan membebaskan mereka dari setiap ancaman kehancuran dan
kerugian perang. Ia memulai dakwah dari kota Mekah, kota sentral
kekuatan jahiliah yang dikuasai oleh orang-orang kafir Quraisy. Dasar
gerakan dan pemikiran mereka adalah kebodohan, kecongkakan, dan egoisme.
Mereka adalah kaum yang keras kepala, sombong, dan bersikeras untuk
mengadakan perlawanan terhadap Rasulullah saw. Di samping itu, mereka
melakukan penyiksaan terhadap orang-orang yang beriman kepada missi Nabi
saw. Kondisi ini menyebabkan mereka harus berhijrah ke Habasyah demi
menyelamatkan diri mereka dari kekerasan dan tekanan kaum kafir Quraisy.
Pada saat
itu, Rasulullah saw. dilindungi oleh Singa Padang Pasir, Abu Thalib, dan
putranya, Imam Ali as. Setelah Sang Singa ini kembali ke haribaan Ilahi
untuk selamanya, ia tidak memiliki lagi pendukung untuk berlindung
diri. Kesempatan tersebut digunakan oleh kaum kafir Quraisy untuk
bersekongkol membunuhnya. Mengetahui rencana dan makar jahat ini, ia
segera berhijrah ke Yatsrib (Madinah). Di Madinahnya memperoleh sambutan
yang hangat dan perlindungan dari penduduknya. Mengetahui peristiwa
ini, kaum kafir Quraisy bertambah berang dan marah seperti orang
kebakaran jenggot. Mereka sepakat untuk menyulut api peperangan dengan
penduduk Yatsrib dan berupaya mengerahkan seluruh sarana dan kekuatan
ekonomi untuk menyerang dan melumpuhkan mereka.
Ali
as. senantiasa siap siaga di samping Rasulullah saw. untuk
melindunginya dan melakukan serangan balik dalam seluruh peperangan yang
disulut oleh kaum kafir Quraisy itu. Rasulullah saw. menjadikan Ali as.
sebagai komandan perang yang bertugas di garis depan.
Sebagian peperangan yang pernah diikuti Imam Ali as. adalah berikut ini:
Sebagian peperangan yang pernah diikuti Imam Ali as. adalah berikut ini:
1. Perang Badr
Dalam
sejarah, peristiwa Badr telah mencatat kemenangan yang gemilang bagi
Islam dan muslimin. Perang ini adalah pukulan yang telak bagi musyrikin.
Dalam perang ini, Allah swt. telah memuliakan hamba dan Rasul-Nya,
Muhammad saw., menghinakan dan menaklukan para musuhnya. Pahlawan
ksatria pada perang ini adalah Imam Amirul mukminin Ali as. Pedang Ali
menghantarkan mereka ke ambang kematian. Kepala musyrikin dan para
penentang Tuhan tertebas habis oleh pedang tersebut. Ketangkasan dan
kegigihan Ali dalam perang tidak diragukan lagi sehingga Jibril turun
dan menyampaikan pujian untuknya dengan ungkapan: “Tidak ada pedang
selain Dzul Fiqâr dan tidak ada pemuda selain Ali.”
Kami telah menjelaskan perang Badr ini dan peran positif Imam Ali as. secara rinci pada Mawsû’ah Al-Imam Amirul Mukminin Ali as., jilid ke-2.
Kami telah menjelaskan perang Badr ini dan peran positif Imam Ali as. secara rinci pada Mawsû’ah Al-Imam Amirul Mukminin Ali as., jilid ke-2.
2. Perang Uhud
Dengan penuh
duka yang mendalam, kaum kafir Quraisy menerima informasi kekalahan
pasukannya dan kerugian yang berlipat ganda di front pertempuran Badar.
Hindun, ibu Mu’âwiyah, termasuk salah seorang yang begitu merasa
terpukul dan berduka dengan kekalahan itu. Ia melarang orang-orang
Quraisy, baik kaum laki-laki maupun kaum wanita, untuk menangisi para
perajurit yang terbunuh di medan Badar. Duka dan kesedihan itu tidak
akan pernah padam di dalam lubuk hati mereka sebelum mereka dapat
melakukan balas dendam.
Abu Sufyân
bertindak sebagai panglima tertinggi pasukan pada perang Uhud. Dialah
yang memberikan semangat kepada masyarakat jahiliah Quraisy untuk
memerangi Rasulullah saw. Mereka mengumpulkan harta benda dan dana untuk
membeli peralatan dan perbekalan perang. Himbauan Abu Sufyân itu
disambut baik oleh masyarakat demi memerangi Rasulullah saw.
Pasukan Abu Sufyân keluar menuju medan Uhud dengan penuh semangat dan hati yang menggelora disertai oleh kaum wanita mereka sampai peperangan berakhir. Hindun memimpin pasukan wanita. Kaum wanita ini bergerak sembari menabuh genderang dan mendendangkan syair:
Pasukan Abu Sufyân keluar menuju medan Uhud dengan penuh semangat dan hati yang menggelora disertai oleh kaum wanita mereka sampai peperangan berakhir. Hindun memimpin pasukan wanita. Kaum wanita ini bergerak sembari menabuh genderang dan mendendangkan syair:
Bangkitlah wahai putra-putra Abdi Dar.
Bangkitlah wahai para penjaga negeri tak gentar.
Pukulkan pedang kalian dengan bak halilintar.
Bangkitlah wahai para penjaga negeri tak gentar.
Pukulkan pedang kalian dengan bak halilintar.
Sementara itu, Hindun sendiri menyanyikan dendang khusus yang ia tujukan kepada pasukan Quraisy dengan suara yang lantang:
Jika kalian maju berperang, kami akan peluk kalian dan gelar permadani.
Jika kalian mundur, kami akan berpisah dengan kalian sampai mati.
Jika kalian mundur, kami akan berpisah dengan kalian sampai mati.
Pasukan kaum
musyrikin Quraisy ketika itu berjumlah tiga ribu orang. Sementara
pasukan muslimin hanya berjumlah tujuh ratus orang.
Seorang
prajurit musyrikin yang bernama Thalhah bin Abi Thalhah maju ke depan
dengan bendera komando di tangannya. Ia mengangkat suranya
tinggi-tinggi: “Hai para sahabat Muhammad, apakah kalian yakin bahwa
Allah akan mempercepat kami pergi ke neraka dengan pedang-pedang kalian,
dan mempercepat kalian menuju ke surga dengan pedang-pedang kami?
Siapakah yang berani duel denganku?”
Pejuang
Islam, Imam Ali as., segera menimpali dan menyerangnya. Dengan sabetan
pedangnya, lelaki itu jatuh ke tanah dengan berlumuran darah. Ali as.
membiarkannya jatuh dan tidak meneruskan perlawanannya. Tidak lama
kemudian, darahnya tumpah dan ia binasa. Kaum muslimin menyambut
kemenangan Ali as. itu dengan penuh gembira, sementara kaum musyrikin
menjadi hina dan nyali mereka surut. Bendera komando pasukan musyrikin
Quraisy diambil alih oleh yang lain. Imam Ali as. menyambut dan
melakukan serangan kepada beberapa orang Quraisy seraya menebas
kepala-kepala mereka dengan pedangnya yang tajam. Hindun selalu
membangkitkan semangat jiwa prajurit kaum musyrikin dan mendorong mereka
agar menyerang kaum muslimin. Setiap kali seorang dari mereka gugur, ia
menawarkan celak sembari berseloroh: “Kamu
ini hanyalah seorang wanita pengecut. Pakailah celak mata ini ini.”
ini hanyalah seorang wanita pengecut. Pakailah celak mata ini ini.”
Sangat
disayangkan, dalam peperangan ini kaum muslimin mengalami kekalahan yang
pahit dan kerugian yang memalukan. Hampir saja bendera Islam jatuh
karena itu. Hal itu terjadi karena kecerobohan sekelompok pasukan Islam
yang berani menyalahi pesan Rasulullah saw. Ketika itu Rasulullah saw.
memerintahkan sekelompok pemanah yang dipimpin oleh Abdullah bin Jubair
agar tetap diam di atas bubkit demi menjaga kaum muslimin dari arah
belakang. Ia sangat menekankan agar mereka tidak bergeser sedikitpun
dari tempat tersebut. Ketika pertempuran sedang terjadi, para pemanah
itu berhasil membidikkan panah-panah mereka ke arah pasukan kafir
Quraisy dan banyak membunuh mereka.
Pasukan
Quraisy mengalami kekalahan telak dan mereka kabur tunggang-langgang
dengan meninggalkan berbagai senjata dan barang-barang berharga. Kaum
muslimin mulai mengumpulkan harta rampasan perang. Melihat harta
kekayaan yang melimpah itu, sebagian besar pasukan pemanah meninggalkan
pos mereka untuk turut serta berebut harta rampasan perang. Mereka telah
lupa akan pesan Nabi saw. untuk tetap tinggal di pos tersebut. Khalid
bin Walid, pimpinan pasukan kafir Quraisy, melihat kondisi para pemanah
tersebut dan merasa memiliki kesempatan emas. Ia segera melakukan
serangan terhadap para pemanah yang masih tersisa di atas bukit itu
sehingga banyak pasukan muslimin yang terbunuh. Setelah itu, Khalid dan
pasukannya menyerang para sahabat Nabi saw. dari arah belakang dan
berhasil memporak-porandakan dan membunuh prajurit muslimin. Dalam
serangan ini, prajurit musyrikin banyak membunuh tokok-tokoh pasukan
muslimin.
Pembelaan Ali as. Terhadap Nabi saw.
Kekalahan
yang sangat menyakitkan menimpa kaum muslimin. Sebagian pasukan mereka
kabur. Hal ini membuat mereka takut dan gentar menghadapi kaum
musyrikin. Akhirnya sebagian besar mereka meninggalkan Nabi saw. yang
telah dikepung oleh musuh-musuh Islam. Nabi saw. mengalami luka-luka
parah dan jatuh terjerembab ke dalam lubang yang dibuat oleh Abu Amir
dan sengaja ia sembunyikan agar kaum muslimin jatuh ke dalamnya. Ketika
itu, Ali as. berada di samping Rasulullah saw. Ia segera memegang tangan
Nabi saw., sementara Thalhah bin Abdullah mengangkatnya sehingga ia
dapat berdiri.
Pada saat
itu, Nabi saw. menoleh kepada Ali as. seraya bertanya: “Hai Ali, apa
yang telah mereka lakukan?” Ali as. menjawab dengan hati yang tersayat:
“Ya Rasulallah, mereka menyalahi janji dan kabur tunggang langgang.”
Sekelompok orang Quraisy berusaha melakukan serangan terhadap Nabi saw. sehingga ia terpojok. Ia berkata kepada Ali: “Halaulah mereka, hai Ali.” Ali as. menyerang mereka tanpa menunggangi kuda, dan berhasil membunuh empat orang anak Abu Sufyân bin ‘Auf dan enam orang dari kelompok penyerang tersebut. Setelah berusaha dengan susah payah, akhirnya Imam Ali as. berhasil menghalau dan mempermalukan mereka.
Sekelompok orang Quraisy berusaha melakukan serangan terhadap Nabi saw. sehingga ia terpojok. Ia berkata kepada Ali: “Halaulah mereka, hai Ali.” Ali as. menyerang mereka tanpa menunggangi kuda, dan berhasil membunuh empat orang anak Abu Sufyân bin ‘Auf dan enam orang dari kelompok penyerang tersebut. Setelah berusaha dengan susah payah, akhirnya Imam Ali as. berhasil menghalau dan mempermalukan mereka.
Kemudian
datang lagi kelompok yang lain untuk menyerang Nabi saw. Di antara
mereka terlihat Hisyâm bin Umayyah. Ali as. pun berhasil membunuhnya,
dan mereka yang masih tersisa kabur. Setelah itu, kelompok ketiga datang
menyerang Rasulullah saw. Di tengah-tengah mereka terlihat Busyr bin
Mâlik. Ali as. juga berhasil membunuhnya, dan sisa kelompok itu pun
kabur dengan kekalahan yang memalukan.
Melihat keberanian dan ketangkasan Ali as., Jibril memohon izin kepada Allah untuk turun. Ia berkata kepada Nabi saw.: “Perlawanannya sungguh membuat kagum para malaikat.” Rasulullah saw. bersabda kepadanya: “Kenapa tidak, karena Ali dariku dan aku darinya.” Jibril menimpali: “Dan aku dari kalian berdua.”
Melihat keberanian dan ketangkasan Ali as., Jibril memohon izin kepada Allah untuk turun. Ia berkata kepada Nabi saw.: “Perlawanannya sungguh membuat kagum para malaikat.” Rasulullah saw. bersabda kepadanya: “Kenapa tidak, karena Ali dariku dan aku darinya.” Jibril menimpali: “Dan aku dari kalian berdua.”
Dengan penuh
keperkasaan dan ketangkasan, Ali as. senantiasa teguh membela Nabi saw.
Selama pembelaan ini, ia tertebas pedang sebanyak enam belas tebasan.
Setiap tebasan tersebut telah berhasil membuat Ali as. jatuh tersungkur
ke atas tanah. Tetapi tak seorang pun yang membangunkannya selain
Jibril.
Seluruh musibah dan bencana gala yang dialami oleh pejuang Islam dan penghulu orang-orang yang bertakwa ini hanyalah demi membela Islam semata.
Seluruh musibah dan bencana gala yang dialami oleh pejuang Islam dan penghulu orang-orang yang bertakwa ini hanyalah demi membela Islam semata.
Dalam perang
Uhud ini, pejuang Islam abadi yang bernama Hamzah, paman Nabi saw.
meneguk cawan syahadah. Ketika mengetahui kesyahidannya, Hindun sangat
gembira dan berusaha mencari jenazahnya. Tatkala berhasil menemukan
jenazahnya, bagaikan anjing hutan ia merobek perut Hamzah dan
mengeluarkan hatinya, kemudian mengunyahnya dan memuntahkannya kembali.
Ia juga mengiris hidung dan kedua telinga Hamzah, dan kedua anggota
tubuh mulia itu ia jadikan kalung. Hal itu menggambarkan betapa
kedengkian dan kebuasan Hindun yang sangat mendalam serta fanatismenya
yang sangat tinggi.
SuAmînya,
Abu Sufyân, juga tidak mau ketinggalan. Ia bergegas menuju jenazah
Hamzah dan berbicara kepadanya dengan penuh caci maki dan kedengkian
seraya berkata: “Hai Abu Amârah, masa telah berganti. Kini telah tiba
saatnya, dan dendam nafsuku menjadi reda.” Kemudian Abu Sufyân
mengangkat tombaknya dan menancapkannya ke badan Hamzah yang sudah tak
bernyawa lagi itu sembari berkata: “Rasakanlah, rasakanlah!” … Setelah
berbuat demikian, ia berpaling dengan hati gembira dan suka ria. Hatinya
yang penuh dengan kemusyrikan, kedengkian, dan sifat-sifat buruk itu
merasa puas dengan terbunuhnya Hamzah.
Setelah
peperangan usai, Nabi saw. menghampiri jenazah pamannya, Hamzah, yang
telah dirobek-robek perutnya oleh Hindun. Dengan hati yang sangat sedih
dan pilu, ia memandang jasad pamannya itu seraya berkata: “Hai Hamzah,
aku belum pernah ditimpa musibah seperti musibah yang kualami lantaran
kepergianmu ini. Aku tidak pernah merasa murka sebagaimana kemurkaanku
atas tragedi ini. Sekiranya Shafiyyah tidak berduka dan setelah wafatku
nanti tidak dijadikan tradisi, niscaya sudah aku tinggalkan tubuhmu
sehingga menjadi mangsa binatang-binatang buas dan burung-burung ganas.
Jika sekiranya Allah memenangkanku atas orang-orang kafir Quraisy dalam
sebuah peperangan nanti, maka aku akan mencacah-cacah tiga puluh orang
dari mereka.”
Muslimin
yang lain pun bangkit menuju jasad Hamzah. Mereka berkata: “Jika kami
dapat mengalahkan orang-orang kafir itu pada suatu hari nanti, pasti
kami akan mencacah-cacah badan mereka dengan cara yang tidak pernah
dilakukan oleh seorang Arab pun.”
Melihat hal
ini, Jibril turun menyampaikan ayat yang berbunyi: “Jika engkau menyiksa
mereka, maka siksalah sesuai dengan apa yang mereka lakukan terhadapmu.
Tetapi jika kamu bersabar, maka hal itu lebih baik bagi orang-orang
yang sabar. Bersabarlah, kesabaranmu tiada lain kecuali hanya karena
Allah. Janganlah bersedih atas mereka dan janganlah merasa sempit hati
terhadap tipu daya mereka.” (QS. An-Nahl [16]:129-127)
Mendengar ayat ini, Nabi saw. memaafkan para musuh dan bersabar, dan juga melarang muslimin untuk melakukan pencacahan terhadap tubuh-tubuh musuh. Ia bersabda: “Sesungguhnya mencacah tubuh itu haram sekalipun tubuh anjing galak.”
Mendengar ayat ini, Nabi saw. memaafkan para musuh dan bersabar, dan juga melarang muslimin untuk melakukan pencacahan terhadap tubuh-tubuh musuh. Ia bersabda: “Sesungguhnya mencacah tubuh itu haram sekalipun tubuh anjing galak.”
Satu-satunya
peperangan yang membawa kekalahan telah bagi kaum muslimin adalah
perang Uhud. Ibn Ishâq berkata: “Sesungguhnya Uhud merupakan hari duka,
bencana, ujian berat. Allah menguji orang yang beriman dengannya dan
menampakkan orang munafik yang melahirkan keimanan pada lisannya,
sementara ia menyimpan kekufuran dalam hatinya. Lebih dari itu, Uhud
adalah hari kehormatan bagi orang-orang yang dimuliakan dengan mati
syahid.”
Seusai peperangan, Rasulullah saw. memberitahukan kepada Ali as. bahwa selepas peperangan Uhud ini, kaum musyrikin tidak akan dapat mengalahkan kaum muslimin hingga Allah memberikan kemenagan bagi muslimin.
Demikianlah perang Uhud ini berakhir. Sebagian kisah perang Uhud ini telah kami jelaskan dalam buku kami, Mawsû’ah Al-Imam Amiril Mukminin, jilid ke-2.
Seusai peperangan, Rasulullah saw. memberitahukan kepada Ali as. bahwa selepas peperangan Uhud ini, kaum musyrikin tidak akan dapat mengalahkan kaum muslimin hingga Allah memberikan kemenagan bagi muslimin.
Demikianlah perang Uhud ini berakhir. Sebagian kisah perang Uhud ini telah kami jelaskan dalam buku kami, Mawsû’ah Al-Imam Amiril Mukminin, jilid ke-2.
3. Perang Khandak
Nama lain
perang Khandak adalah perang Ahzab. Hal itu lantaran beberapa kelompok
kaum musyrikin bergabung membentuk satu kekuatan tunggal untuk menyerang
pasukan Rasulullah saw. Pada peristiwa perang ini, kaum muslimin
betul-betul merasa khawatir dan diliputi rasa takut yang dahsyat. Faktor
utamanya adalah karena pasukan musyrikin yang sangat kuat dan
orang-orang Yahudi juga turut bergabung dengan mereka. Seluruh pasukan
mereka berjumlah sepuluh ribu prajurit. Sementara pasukan muslimin hanya
berjumlah tiga ribu prajurit saja.
Ketika melukiskan sejauh mana rasa takut yang dialami oleh kaum muslimin dalam peperangan ini, Al-Qur’an berfirman: “Ketika mereka mendatangimu dari bagian atas dan bagian bawah kalian dan ketika mata-matamu terbelalak dan rasa takutmu sampai menembus hati.” (QS. Al-Ahzâb [33]:10)
Pada perang ini, Allah telah memberikan kemenangan bagi Islam melalui tangan Ali bin Abi Thalib as. Dialah orang yang telah berhasil menghancurkan dan memporak-porandakan barisan kaum musyrikin.
Ketika melukiskan sejauh mana rasa takut yang dialami oleh kaum muslimin dalam peperangan ini, Al-Qur’an berfirman: “Ketika mereka mendatangimu dari bagian atas dan bagian bawah kalian dan ketika mata-matamu terbelalak dan rasa takutmu sampai menembus hati.” (QS. Al-Ahzâb [33]:10)
Pada perang ini, Allah telah memberikan kemenangan bagi Islam melalui tangan Ali bin Abi Thalib as. Dialah orang yang telah berhasil menghancurkan dan memporak-porandakan barisan kaum musyrikin.
Menggali Parit
Ketika Nabi
saw. mengetahui pasukan Quraisy dan Bani Ghathafân ingin melakukan
serangan terhadap muslimin, ia saw. mengumpulkan para sahabat dan
memberitahukan kepada mereka rencana musuh tersebut. Ia saw. meminta
pendapat mereka masing-masing demi menghalau musuh Islam itu. Salman
Al-Fârisî, salah seorang sahabat terkemuka, mengusulkan untuk menggali
parit di sekitar kota Madinah.
Nabi saw.
menyetujui pandangannya itu dan memerintahkan para sahabat untuk
menggali parit. Ide tersebut merupakan taktik perang yang jitu untuk
menyelamatkan pasukan muslimin dari serangan musuh Islam. Melihat parit
digali di sekitar kota itu, pasukan musuh bingung dan tidak memiliki
jalan lain untuk melancarkan serangan terhadap muslimin. Dengan
terpaksa, mereka hanya dapat menggunakan anak panah. Kaum muslimin pun
menjawab serangan mereka dengan serangan yang sama. Saling-melempar anak
panah pun terjadi antara kedua pasukan tersebut tanpa terjadi perangan
terbuka di antara mereka.
Imam Ali as. Bertanding dengan ‘Amr
Orang-orang
kafir Quraisy merasa jengkel dengan kondisi perang semacam ini. Karena
hal itu tidak memberi kemenangan kepada mereka. Mereka berusaha mencari
ukuran lebar parit yang agak sempit agar kuda-kuda mereka dapat
melompati dan menyeberangi parit. Di tengah-tengah mereka terlihat ‘Amr
bin Abdi Wud. Dia adalah ksatria Quraisy dan penunggang kuda Kinânah
yang tangguh pada masa jahiliah.
‘Amr
menggenggam pedang. Ia laksana benteng kokoh. Ia menaiki kudanya dengan
penuh bangga dan congkak. Dengan segenap kekuatan ia dapat melompati
parit. Kaum muslimin yang menyaksikan hal itu merasa ciut, kerdil, dan
gemetar. ‘Amr maju menghadap mereka dengan perlahan tapi pasti. Dengan
suara yang lantang dan penuh penghinaan ia berkata: Hai perajurit
Muhammad, adakah yang berani melawanku?”
Hati kaum
muslimin bak tercabut dari tempatnya. Mereka diliputi rasa takut. Untuk
kedua kalinya ‘Amr angkat suara: “Adakah yang berani melawanku?”
Tak seorang pun berani menjawab. Tetapi pejuang Islam, Imam Amirul Mukminin as. menjawab: “Aku yang melawannya, ya Rasulullah.”
Rasulullah saw. merasa khawatir atas keselamatan putra pamannya itu. Ia berkata: “Ketahuilah, dia adalah ‘Amr!”
Imam Ali as. menaati perintah Rasulullah saw. dan segera duduk kembali. Kembali ‘Amr mengejek kaum muslimin dan berkata: “Hai para sahabat Muhammad, mana surga yang kalian duga akan memasukinya jika kalian terbunuh? Siapakah di antara kalian yang menginginkannya?”
Imam Ali as. menaati perintah Rasulullah saw. dan segera duduk kembali. Kembali ‘Amr mengejek kaum muslimin dan berkata: “Hai para sahabat Muhammad, mana surga yang kalian duga akan memasukinya jika kalian terbunuh? Siapakah di antara kalian yang menginginkannya?”
Pasukan
muslimin membisu seribu bahasa. Imam Ali as. tetap memaksa Nabi saw.
agar memberi izin untuk melawannya. Tak ada lagi alasan bagi Nabi untuk
menolak desakan Ali as. Nabi saw. menetapkan sebuah predikat bagi Ali
as. sebagai tanda keagungan dan kehormatan. Ia saw. bersabda: “Seluruh
iman telah keluar untuk menentang seluruh kekufuran.”
Sungguh betapa predikat kehormatan yang kekal abadi dan bersinar bak matahari. Rasulullah saw. telah memberikan predikat “seluruh imam dan Islam” bagi Abul Husain dan predikat “seluruh kekufuran” bagi ‘Amr.
Sungguh betapa predikat kehormatan yang kekal abadi dan bersinar bak matahari. Rasulullah saw. telah memberikan predikat “seluruh imam dan Islam” bagi Abul Husain dan predikat “seluruh kekufuran” bagi ‘Amr.
Setelah itu
Nabi saw. mengangkat kedua tangan seraya memanjatkan doa dan harapan
kepada Allah swt. agar menjaga putra pamannya itu. Ia saw. berkata: “Ya
Allah, Engkau telah mengambil Hamzah dariku di perang Uhud dan mengambil
‘Ubaidah di perang Badar. Maka jagalah Ali pada hari ini. Wahai
tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku sendirian. Sesungguhnya Engkau
adalah sebaik-baik pewaris.”
Ali as. maju
menyerang dengan penuh semangat. Ia tidak merasa takut dan gentar
sedikitpun terhadap ‘Amr bin Abdi Wud. Ia bangkit dengan tekad yang
kokoh membaja bak ksatria yang tak ada bandingannya. ‘Amr terkejut
dengan pemuda yang berani maju untuk melawan dan tak gentar.
‘Amr bertanya: “Siapa kamu?”
Imam Ali menjawab dengan meremehkannya: “Aku adalah Ali bin Abi Thalib.”
‘Amr menampakkan rasa kasihan kepadanya seraya berkata: “Dahulu, ayahmu adalah teman baikku.”
Imam Ali as. tidak bergeming sedikit pun dengan celotehan ‘Amr itu. Ia malah menjawab: “Hai ‘Amr, engkau telah berjanji kepada kaummu bahwa tidak seorang pun dari Quraisy yang mengajakmu kepada tiga karakter melainkan engkau pasti menerimanya?”
‘Amr menampakkan rasa kasihan kepadanya seraya berkata: “Dahulu, ayahmu adalah teman baikku.”
Imam Ali as. tidak bergeming sedikit pun dengan celotehan ‘Amr itu. Ia malah menjawab: “Hai ‘Amr, engkau telah berjanji kepada kaummu bahwa tidak seorang pun dari Quraisy yang mengajakmu kepada tiga karakter melainkan engkau pasti menerimanya?”
‘Amr menjawab: “Ya, itulah janjiku.”
Ali as. berkata: “Aku mengajakmu kepada Islam.”
Ali as. berkata: “Aku mengajakmu kepada Islam.”
‘Amr tertawa
seraya berkata kepada Imam Ali sembari menghina: “Jadi, aku harus
meninggalkan agama nenek moyangku? Jangan usik masalah ini!”
Ali as. berkata: “Aku akan menahan tanganku untuk membunuhmu, dan engkau bebas kembali.”
Mendengar ucapan lancang itu, ‘Amr marah dan berkata: “Jika begitu, bangsa Arab pasti membincangkan kepengecutanku.”
Imam Ali as. melontarkan tawaran ketiga yang ‘Amr sendiri telah berjanji untuk menerimanya. Imam Ali berkata: “Kalau begitu, aku mengajakmu duel.”
Mendengar ucapan lancang itu, ‘Amr marah dan berkata: “Jika begitu, bangsa Arab pasti membincangkan kepengecutanku.”
Imam Ali as. melontarkan tawaran ketiga yang ‘Amr sendiri telah berjanji untuk menerimanya. Imam Ali berkata: “Kalau begitu, aku mengajakmu duel.”
‘Amr sangat
terkejut dengan keberanian pemuda yang telah berani menantang dan
menginjak-injak kehormatannya. ‘Amr turun dari kudanya dan dengan cepat
melayangkan pedangnya ke arah leher Imam Ali as. Imam menangkis
serangannya dengan prisai. Tetapi pedang ‘Amr dapat menembus ke bagian
kepala Imam Ali as. dan menciderainya. Muslimin yakin bahwa Imam Ali as.
telah menjumpai ajal. Tetapi Allah swt. menolong dan menjaganya. Imam
Ali as. kembali menyerang ‘Amr dengan pedang hingga ia roboh. Ksatria
Quraisy dan simbol kemusyrikan itu jatuh tersungkur di atas tanah dengan
berlumuran darah seperti seekor sapi yang disembelih berlumuran darah.
Imam Ali as.
mengucapkan takbir yang diikuti oleh pasukan muslimin. Tulang punggung
kemusyrikan telah runtuh dan kekuatannya telah lumpuh. Sementara Islam
telah menggapai kemenangan yang gemilang melalui kegagahan Imam
Al-Muttaqîn as. Sekali lagi Nabi saw. menghadiahkan predikat agung
kepada Imam Ali as. di sepanjang sejarah. Ia bersabda: “Sesungguhnya
pertempuran Ali bin Abi Thalib atas ‘Amr bin Abdi Wud pada perang
Khandak adalah lebih utama daripada amal umatku hingga Hari Kiamat.”
Salah
seorang sahabat Nabi saw. yang bernama Hudzaifah bin Al-Yaman berkata:
“Seandainya keutamaan Ali as. dengan membunuh ‘Amr pada perang Khandak
itu dibagi-bagikan kepada seluruh kaum muslimin, niscaya keutamaan itu
akan mencukupi mereka.”
Kemudian
turun ayat kepada Rasulullah saw.:.”.. dan Allah menghindarkan
orang-orang mukmin dari peperangan (dengan memberikan kemenangan kepada
mereka) ….” (QS. Al-Ahzâb [33]:25)
Tentang tafsir ayat ini Ibn Abbâs berkata: “Sesungguhnya Allah mencukupkan kaum mukminin dengan pertempuran Ali as.”
Di samping itu, Imam Ali as. juga berhasil membunuh seorang prajurit Quraisy lainnya yang bernama Naufal bin Abdullah. Dengan demikian, Quraisy mengalami kekalahan yang telak. Ketika itu Rasulullah saw. bersabda: “Kini kita telah mengalahkan mereka, dan mereka tidak akan mampu mengalahkan kita.”
Akhirnya, pasukan kafir Quraisy mengalami kerugian dan kegagalan yang fatal. Sebaliknya, muslimin tidak mengalami kekalahan sedikit pun dalam peperangan ini.
Di samping itu, Imam Ali as. juga berhasil membunuh seorang prajurit Quraisy lainnya yang bernama Naufal bin Abdullah. Dengan demikian, Quraisy mengalami kekalahan yang telak. Ketika itu Rasulullah saw. bersabda: “Kini kita telah mengalahkan mereka, dan mereka tidak akan mampu mengalahkan kita.”
Akhirnya, pasukan kafir Quraisy mengalami kerugian dan kegagalan yang fatal. Sebaliknya, muslimin tidak mengalami kekalahan sedikit pun dalam peperangan ini.
4. Penaklukan Benteng Khaibar
Setelah
Allah swt. memuliakan Nabi-Nya dan menghinakan kaum kafir Quraisy, ia
berpikir bahwa program kaum muslimin tidak akan berjalan lancar, negara
Islam tidak akan damai, dan slogan muslimin tidak akan terangkat tinggi
di muka bumi ini selama kekuatan Yahudi sebagai musuh bebuyutan Islam
dari sejak dulu hingga saat itu masih bercokol. Pusat kekuatan dan
eksistensi mereka terletak di benteng Khaibar. Benteng ini adalah pusat
produksi senjata modern pada masa itu. Di antara senjata yang mereka
produksi adalah manjanik yang mampu menembakkan peluru-peluru api.
Ketika itu Yahudi adalah sebuah kekuatan yang siap membantu setiap
golongan yang ingin memerangi Islam dengan berbagai senjata dari pedang,
panah, hingga prisai.
Nabi saw.
memerintah pasukan muslimin agar melakukan serangan terhadap benteng
Khaibar. Ia menyerahkan komando pasukan kepada Abu Bakar. Ketika Abu
Bakar tiba di benteng Khaibar dengan pasukannya, orang-orang Yahudi
melemparinya dengan manjanik sehingga Abu Bakar merasa kalah dan kembali
dengan ketakutan dan gemetar. Pada hari kedua, Rasulullah saw.
menyerahkan komando pasukan kepada Umar bin Khattab. Ternyata Umar tidak
berbeda dengan sahabatnya itu. Ia kembali dengan membawa kegagalan.
Selama benteng Khaibar tetap tegar dan tertutup rapat, tak seorang pun
yang akan berhasil menguasai benteng tersebut.
Setelah
muslimin tidak mampu menumbangkan benteng Khaibar dan kepemimpinan Abu
Bakar dan Umar dianggap gagal, Nabi saw. mengumumkan bahwa ia akan
mengangkat seorang komandan perang yang Allah swt. akan memberikan
kemenangan di tangannya. Ia bersabda: “Besok aku akan berikan bendera
komando perang kepada seorang laki-laki yang mencintai Allah swt. dan
Rasul-Nya. Allah dan Rasul-Nya juga mencintainya. Dia tidak akan mundur
sampai Allah memberikan kemenangan kepadanya.”
Mendengar
maklumat tersebut, muslimin tidak sabar lagi ingin mengetahui siapakah
komandan pasukan yang Allah akan menganugerahkan kemenangan kepadanya
itu. Mereka tidak menduga bahwa ia adalah Imam Ali as. Karena pada saat
itu ia sedang menderita sakit mata. Ketika sinar matahari pagi mulai
menyingsing, Nabi saw. memanggil Ali as. Ketika itu kedua matanya
dibalut dengan kain. Setelah berada di hadapan Nabi saw., ia melepaskan
kain pembalut itu dari kedua mata Ali as. Lalu Nabi saw. memoleskan
ludahnya kepada kedua matanya. Seketika itu juga sakit mata Ali as.
sembuh.
Rasulullah saw. berkata: “Hai Ali, ambillah bendera ini sehingga Allah memberikan kemenangan kepadamu!”
Pejuang Islam itu menerima bendera komando tersebut dari Nabi saw. dengan tekad yang kuat membaja dan gagah perkasa. Imam Ali as. bertanya kepada Rasulullah saw.: “Apakah aku perangi mereka sampai mereka memeluk Islam?”
Nabi saw. menjawab: “Laksanakanlah tugas ini sampai engkau dapat menundukkan mereka. Lalu ajaklah mereka kepada Islam. Beritahukan kepada kewajiban-kewajiban mereka. Demi Allah, jika Allah memberikan petunjuk kepada seorang saja dari mereka melalui tanganmu, niscaya hal itu lebih baik bagimu daripada memiliki unta merah.”
Pejuang Islam itu menerima bendera komando tersebut dari Nabi saw. dengan tekad yang kuat membaja dan gagah perkasa. Imam Ali as. bertanya kepada Rasulullah saw.: “Apakah aku perangi mereka sampai mereka memeluk Islam?”
Nabi saw. menjawab: “Laksanakanlah tugas ini sampai engkau dapat menundukkan mereka. Lalu ajaklah mereka kepada Islam. Beritahukan kepada kewajiban-kewajiban mereka. Demi Allah, jika Allah memberikan petunjuk kepada seorang saja dari mereka melalui tanganmu, niscaya hal itu lebih baik bagimu daripada memiliki unta merah.”
Sang
panglima perang, Ali as., segera melakukan serangan dengan gagah berani.
Tak sebersit pun rasa takut dan gentar tergores di dalam hatinya. Ia
mengangkat bendera komando itu tinggi-tinggi menuju benteng Khaibar. Ia
berhasil mencabut pintu benteng Khaibar dan menjadikannya sebagai prisai
untuk menangkal serangan orang-orang Yahudi. Pasukan Yahudi pun merasa
gentar ketakutan dan pucat pasi. Gerangan ksatria apakah ini?! Ia mampu
mencopot pintu benteng Khaibar dan menjadikannya sebagai perisai!
Padahal pintu itu tidak dapat dicopot kecuali oleh empat puluh orang
kuat. Bagaimana mungkin pintu itu dapat dicopot oleh satu orang saja?!
Sungguh hal itu merupakan keajaiban yang sangat menakjubkan.
Imam Ali as. Melawan Marhab
Marhab
adalah seorang ksatria Yahudi yang gagah berani. Ia menantang Imam Ali
as. untuk bertanding. Marhab maju dengan mengenakan penutup wajah
pelindung buatan Yaman dan batu berlobang yang ia letakkan di kepalanya
seraya bersyair:
Khaibar tahu aku adalah Marhab.
Penghunus pedang pahlawan tangguh.
Bagai singa kekar menyerang musuh.
Penghunus pedang pahlawan tangguh.
Bagai singa kekar menyerang musuh.
Imam Ali as. menyambutnya. Ia mengenakan jubah berwarna merah. Sebagai jawAbân syair Marhab, ia bersyair:
Akulah yang dinamai oleh ibuku Haidar.
Sang pemberani dan singa tak gentar.
Singa penerkam musuh bak halilintar.
Kedua lenganku terbuka lebar kekar.
Kekar dan tangguh bak singa hutan keluar.
‘Kan kutebas setiap batang leher pengingkar.
‘Kan kuperangi mereka untuk yang benar.
‘Kan kuperangi mereka dengan pedangku yang tegar.
Sang pemberani dan singa tak gentar.
Singa penerkam musuh bak halilintar.
Kedua lenganku terbuka lebar kekar.
Kekar dan tangguh bak singa hutan keluar.
‘Kan kutebas setiap batang leher pengingkar.
‘Kan kuperangi mereka untuk yang benar.
‘Kan kuperangi mereka dengan pedangku yang tegar.
Tidak
seorang perawi pun yang berbeda pendapat bahwa syair tersebut adalah
syair Imam Ali as. Dalam bait-bait syairnya itu, Imam Ali as.
menjelaskan kegagahan, kekuatan, ketangkasan, keberanian, dan
ketegarannya dalam menghadapi orang-orng kafir dan para pembangkang.
Imam Ali as.
maju menghadapi Marhab dengan keberaniannya yang luar biasa. Dengan
cepatnya menyabetkan pedangnya ke arah kepala Marhab hingga menembus
penutup kepalanya. Marhab pun terhuyung jatuh ke atas tanah dengan darah
yang bersimbah. Kemudian ia menyeret mayat Marhab dan membiarkannya
terkapar menjadi mangsa binatang-binatang buas dan burung-burung pemakan
bangkai. Dengan itu, Allah swt. telah menetapkan kemenangan yang
gemilang bagi Islam. Benteng Khaibar telah ditaklukkan dan Allah telah
menghinakan kaum Yahudi. Peperangan berakhir dan Imam Ali as. memberikan
pelajaran keberanian yang senantiasa dikenang di sepanjang sejarah.
5. Penaklukan Kota Mekah
Allah swt.
telah menetapkan kemenangan yang nyata atas hamba dan rasul-Nya,
Muhammad saw. dan menghinakan kekuatan syirik dan tiran. Kekuatan
musuh-musuh Islam telah mengalami kegagalan dan kerugian yang besar.
Sementara kekuasaan Islam terbentang di semanjung jazirah Arabia dan
bendera tauhid berkibar megah.
Rasulullah
saw. melihat bahwa kemenangan yang gemilang bagi Islam tidak akan
terealisasi sepenuhnya, kecuali dengan penaklukan kota Mekah sebagai
benteng kemusyrikan dan kekufuran kala itu yang senantiasa memeranginya
selama masih berada di sana. Nabi saw. meninggalkan kota Mekah dan telah
memiliki kekuatan. Ia bergerak menuju kota itu dengan bala tentara yang
terlatih sebanyak sepuluh ribu atau lebih prajurit bersenjata lengkap.
Tetapinya
menyembunyikan tujuan keberangkatan itu kepada para prajuritnya.
Karenanya khawatir jika orang-orang kafir Quraisy tahu, mereka akan
mengadakan perlawanan dan terjadi pertumpahan darah di tanah Haram. Oleh
karena itu, ia merahasiakan tujuan perjalanan tersebut sehingga
kedatangan pasukan muslimin yang secara tiba-tiba tersebut dapat
mengejutkan penduduk Mekah.
Pasukan
muslimin bergerak dengan cepat dan tanpa menyia-nyiakan kesempatan
sedikitpun hingga mereka memasuki daerah pinggiran kota Mekah, sementara
penduduknya tengah lelap dan lalai. Rasulullah saw. segera
memerintahkan para sahabat agar mengumpulkan kayu bakar. Seketika itu
juga, setumpuk besar kayu bakar telah terkumpul menggunung.
Pada malam
gelap gulita itu, Nabi saw. memerintahkan agar para sahabat menyulut
kayu bakar-kayu bakar itu, sehingga jilatan-jilatan api terlihat dari
dalam kota Mekah. Melihat kejadian itu, Abu Sufyân betul-betul terkejut
dan khawatir atas jiwa raganya. Ia berkata kepada Badîl bin Warqâ’ yang
tengah berada di sampingnya: “Aku belum pernah melihat sinar api
seterang malam ini sama sekali.” Badîl segera menimpali: “Demi Allah,
ini adalah kobaran api peperangan.”
Abu Sufyân
mencemooh Badîl sembari berkata: “Kobaran api peperangan! Cahaya api dan
bala tentaranya tidak mungkin sesedikit ini.”
Rasa takut
menyelimuti Abu Sufyân. Abbâs segera mendatanginya. Ia mengetahui
kedatangan pasukan Islam untuk menguasai kota Mekah. Ia berkata kepada
Abu Sufyân: “Hai Abu Hanzhalah!”
Abu sufyân yang mengenalnya segera berkata: “Apa ini Abul Fadhl?”
“Ya”, jawab Abbâs pendek.
“Ayah dan ibuku menjadi tebusanmu”, tegas Abu Sufyân.
Abbâs menimpali: “Celaka engkau, hai Abu Sufyân. Itu adalah Rasulullah di tengah-tengah khalayak. Esok paginya akan menaklukkan Quraisy.”
Darah Abu Sufyân seketika itu membeku. Ia sangat khawatir terhadap diri dan kaumnya. Dia berkata dengan nada gemetar: “Apa yang harus kita lakukan?”
Abbâs segera memberikan solusi sehingga darahnya terjaga. Ia berkta: “Demi Allah, jika Rasulullah berhasil menangkapmu, ia pasti akan menebas batang lehermu. Naikilah ke punggung keledai tua ini. Aku akan mendatangi Rasulullah untuk mohon perlindungan untukmu.”
Abu sufyân yang mengenalnya segera berkata: “Apa ini Abul Fadhl?”
“Ya”, jawab Abbâs pendek.
“Ayah dan ibuku menjadi tebusanmu”, tegas Abu Sufyân.
Abbâs menimpali: “Celaka engkau, hai Abu Sufyân. Itu adalah Rasulullah di tengah-tengah khalayak. Esok paginya akan menaklukkan Quraisy.”
Darah Abu Sufyân seketika itu membeku. Ia sangat khawatir terhadap diri dan kaumnya. Dia berkata dengan nada gemetar: “Apa yang harus kita lakukan?”
Abbâs segera memberikan solusi sehingga darahnya terjaga. Ia berkta: “Demi Allah, jika Rasulullah berhasil menangkapmu, ia pasti akan menebas batang lehermu. Naikilah ke punggung keledai tua ini. Aku akan mendatangi Rasulullah untuk mohon perlindungan untukmu.”
Abbâs
membonceng Abu Sufyân yang sedang gemetar ketakutan. Abu Sufyân tidak
bisa tidur semalam suntuk. Ia tidak tahu apa yang akan terjadi atas
dirinya karena berat dan banyaknya kejahatan yang telah ia lakukan atas
kaum muslimin. Setibanya di hadapan Rasulullah saw., ia berkata
kepadanya: “Celaka engkau, hai Abu Sufyân! Apakah hingga kini belum tiba
waktunya untuk kamu mengakui bahwa tidak ada tuhan selain Allah?”
Nabi saw.
tidak menampakkan dendam atas berbagai kejahatan yang telah dilakukan
oleh Abu Sufyân terhadapnya. Ia telah mengulurkan tirai atas
kejadian-kejadian tersebut demi menyebarkan ajaran Islam yang tidak
menaruh dendam terhadap kejahatan musuh-musuhnya. Abu Sufyân merengek di
hadapan Nabi saw. untuk memohon maaf seraya berkata: “Demi ayah dan
ibuku, betapa engkau pemaaf, berkepribadian mulia, dan penyambung
persaudaraan. Demi Allah, sungguh aku mengira bahwa sekiranya ada tuhan
lain selain Allah, pasti ia tidak akan membutuhkanku.”
Nabi saw.
menoleh ke arah Abu Sufyân seraya berkata dengan lemah lembut: “Celaka
engkau, hai Abu Sufyân! Belumkah tiba waktunya untuk kamu mengenal bahwa
aku adalah utusan Allah?”
Ketika itu
Abu Sufyân tidak mampu lagi menyembunyikan kemusyrikan dan kekufuran
yang sudah terukir dalam relung hatinya. Dia berkata kepada Rasulullah
saw.: “Demi ayah dan ibuku, betapa lembutnya engkau dan betapa mulia dan
penyambung persaudaraan engkau. Adapun masalah ini, hingga saat ini di
dalam hatiku masih terdapat sesuatu.”
Abbâs yang mendengar hal itu segera memberikan peringatan kepadanya bila ia tidak bersaksi atas kenabian dan tidak masuk Islam. Abbâs berkata: “Celakalah engkau. Masuklah Islam! Bersaksilah bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan bahwa Muhamamd adalah Rasulullah sebelum lehermu ditebas!
Abbâs yang mendengar hal itu segera memberikan peringatan kepadanya bila ia tidak bersaksi atas kenabian dan tidak masuk Islam. Abbâs berkata: “Celakalah engkau. Masuklah Islam! Bersaksilah bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan bahwa Muhamamd adalah Rasulullah sebelum lehermu ditebas!
Lelaki kotor
dan keji itu tidak memiliki jalan lain. Ia terpaksa masuk Islam dengan
lisannya. Sementara kekufuran dan kemusyrikan masih tetap terpendam di
dalam relung hatinya.
Nabi saw.
memerintahkan pamannya, Abbâs, agar menahan Abu Sufyân di sebuah lembah
yang sempit sehingga prajurit Islam melewatinya dan ia menyaksikan
mereka. Hal itu agar Quraisy merasa takut untuk mengadakan perlawanan.
Abbâs melaksanakan perintah Nabi saw. Para prajurit Islam melaluinya
dengan membawa aneka ragam senjata.
Abu Sufyân bertanya kepada Abbâs: “Siapakah ini?”
“Sulaim”, jawab Abbâs pendek.
“Aku tidak ada urusan dengan Sulaim”, tukas Abu Sufyân.
Tidak lama kemudian sekelompok pasukan berkuda lainnya lewat. Abu Sufyân bertanya lagi: “Siapakah ini?”
“Mazînah”, jawab Abbâs singkat.
“Aku tidak ada urusan dengan Mazînah”, tukas Abu Sufyân.
Kemudian Nabi saw. lewat dengan membawa pasukan berkuda yang berpakain hijau dengan pedang terhunus. Ia dikelilingi para sahabatnya yang pemberani. Melihat itu, Abu Sufyân merasa gentar. Ia bertanya: “Siapakan pasukan berkuda itu?”
“Itu adalah Rasulullah bersama Muhajirin dan Anshar”, jawab Abbâs pendek.
“Sungguh kerajaan kemenakanmu telah hebat”, tukas Abu Sufyân.
Abbâs menimpali: “Hai Abu Sufyân, itulah kenabian.”
“Sulaim”, jawab Abbâs pendek.
“Aku tidak ada urusan dengan Sulaim”, tukas Abu Sufyân.
Tidak lama kemudian sekelompok pasukan berkuda lainnya lewat. Abu Sufyân bertanya lagi: “Siapakah ini?”
“Mazînah”, jawab Abbâs singkat.
“Aku tidak ada urusan dengan Mazînah”, tukas Abu Sufyân.
Kemudian Nabi saw. lewat dengan membawa pasukan berkuda yang berpakain hijau dengan pedang terhunus. Ia dikelilingi para sahabatnya yang pemberani. Melihat itu, Abu Sufyân merasa gentar. Ia bertanya: “Siapakan pasukan berkuda itu?”
“Itu adalah Rasulullah bersama Muhajirin dan Anshar”, jawab Abbâs pendek.
“Sungguh kerajaan kemenakanmu telah hebat”, tukas Abu Sufyân.
Abbâs menimpali: “Hai Abu Sufyân, itulah kenabian.”
Abu Sufyân menggeleng-gelengkan kepalanya seraya berkata dengan menghina: “Ya, kalau begitu.”
Lelaki jahiliah ini tidak beriman kepada Islam. Ia hanya mengerti tentang kerajaan dan kekuasaan. Setelah itu Abbâs membebaskannya. Abbâs segera masuk ke dalam kota Mekah dan berteriak dengan keras: “Hai kaum Quraisy, Muhammad telah datang kepada kalian dengan pasukan yang kalian tidak mungkin dapat melawannya. Barang siapa yang memasuki rumah Abu Sufyân, maka ia akan aman.”
Orang-orang Quraisy berkata kepada Abbâs: “Rumahmu tidak dapat menjamin kemanan kami?”
“Barang siapa yang menutup pintunya, maka ia akan aman. Dan barang siapa yang masuk ke dalam masjid, maka ia akan aman”, teriak Abbâs lagi.
Lelaki jahiliah ini tidak beriman kepada Islam. Ia hanya mengerti tentang kerajaan dan kekuasaan. Setelah itu Abbâs membebaskannya. Abbâs segera masuk ke dalam kota Mekah dan berteriak dengan keras: “Hai kaum Quraisy, Muhammad telah datang kepada kalian dengan pasukan yang kalian tidak mungkin dapat melawannya. Barang siapa yang memasuki rumah Abu Sufyân, maka ia akan aman.”
Orang-orang Quraisy berkata kepada Abbâs: “Rumahmu tidak dapat menjamin kemanan kami?”
“Barang siapa yang menutup pintunya, maka ia akan aman. Dan barang siapa yang masuk ke dalam masjid, maka ia akan aman”, teriak Abbâs lagi.
Hati kaum
Quraisy menjadi tenang. Mereka segera masuk ke dalam rumah mereka dan
masjid. Sementara itu, Hindun menentang Abu Sufyân. Hatinya dipenuhi
kekecewaan. Ia berteriak dengan keras untuk membangkitkan amarah kaum
Quraisy terhadap Abu Sufyân: “Bunuhlah lelaki keji dan kotor ini!
Tindakannya tidak sesuai dengan tindakan seorang pemimpin suatu kaum.”
Abu Sufyân
memperingatkan kaum Quraisy agar tidak melawan dan mengajak mereka untuk
menyerah. Nabi saw. memasuki kota Mekah bersama bala tentara Islam.
Allah swt. telah menghinakan Quraisy dan membahagiakan muslimin yang
tertindas selama ini. Nabi saw. segera menuju ke Ka’bah untuk
menghancurkan patung-patung sembahan orang-orang kafir Quraisy. Ia saw.
menikamkan tombak di bagian mata Hubal sambil berkata: “Telah datang
kebenaran dan telah sirna kebatilan. Sesungguhnya kebatilan itu pasti
sirna.”
Kemudiannya
saw. memerintahkan Ali as. agar menaiki pundaknya untuk menghancurkan
patung-patung dan membersihkan Baitullah yang suci itu darinya. Ali as.
mengangkat patung-patung itu dan melemparkannya ke atas tanah hingga
hancur. Dengan itu, patung-patung itu telah hancur di tangan pahlawan
Islam, sebagaimana patung-patung pernah dihancurkan oleh kakeknya,
Ibrahim Khalîlullâh.
Haji Wadâ’
Nabi saw.
merasa bahwa ia tidak lama lagi akan berangkat menghadap ke haribaan
suci Ilahi. Karena itu, ia merasa perlu untuk melakukan haji ke
Baitullah untuk menetapkan jalan-jalan keselamatan buat umat manusia.
Pada tahun ke-10 Hijriah, ia berangkat menunaikan ibadah haji. Ia
mengumumkan kepada segenap penduduk bahwa tidak lama laginya akan
berangkat menuju ke alam akhirat dan meninggalkan dunia fana ini untuk
selamanya. Ia bersabda: “Aku tidak tahu, barangkali setelah tahun ini
aku tidak dapat berjumpa lagi dengan kalian untuk selamanya dalam
kondisi seperti ini.”
Dengan informasi itu, jamaah haji merasa takut dan khawatir. Mereka melakukan tawaf dengan perasaan sedih sembari berguman: “Nabi saw. telah memberitahukan kematian dirinya.”
Dengan informasi itu, jamaah haji merasa takut dan khawatir. Mereka melakukan tawaf dengan perasaan sedih sembari berguman: “Nabi saw. telah memberitahukan kematian dirinya.”
Nabi saw.
menetapkan jalan-jalan keselamatan yang dapat menjaga umat dari segala
fitnah dan menjamin kehidupan mereka yang mulia. Ia saw. bersabda: “Hai
manusia, aku tinggalkan buat kalian dua pusaka yang sangat berharga,
yaitu kitab Allah dan ‘Itrahku, keluargaku.”
Ya,
berpegang teguh kepada kitab Allah, mengamalkan isinya, dan ber-wilâyah
kepada Ahlul Bait as. adalah sebuah jaminan bagi umat dari penyimpangan
dalam kehidupan dunia ini. Setelah selesai melakukan ibadah haji,
Rasulullah saw. menyampaikan sebuah ceramah yang sangat indah. Dalam
ceramah ini ia telah menjelaskan poin-poin yang sangat penting dan
ajaran-ajaran Islam yang sangat benderang.
Ia
mengakhiri ceramah itu dengan pesan: “Sepeninggalku nanti, jangan sampai
kalian kembali kepada kekufuran dan kesesatan sehingga segolongan dari
kalian membunuh segolongan yang lain. Sesungguhnya aku telah
meninggalkan untuk kalian dua buah pusaka yang kalian pasti tidak akan
tersesat untuk selamanya bila berpegang teguh kepadanya. Yaitu kitab
Allah dan ‘Itrahku, keluargaku. Apakah aku telah menyampaikan hal ini
kepada kalian?”
“Ya”, jawab mereka serentak.
Kemudian Nabi saw. bersabda lagi: “Ya Allah, saksikanlah! Sesungguhnya kalian akan dimintai tanggung jawab. Hendaknya kalian yang hadir di sini menyampaikan kepada yang gaib.”
Kami telah memaparkan teks ceramahnya saw. ini dalam Mawsû’ah Al-Imam Amiril Mukminin as., jilid 2.
Kemudian Nabi saw. bersabda lagi: “Ya Allah, saksikanlah! Sesungguhnya kalian akan dimintai tanggung jawab. Hendaknya kalian yang hadir di sini menyampaikan kepada yang gaib.”
Kami telah memaparkan teks ceramahnya saw. ini dalam Mawsû’ah Al-Imam Amiril Mukminin as., jilid 2.
Muktamar Ghadir Khum
Setelah Nabi
saw. menunaikan ibadah haji, ia kembali ke kota Madinah bersama
rombongan jamaah haji. Ketika ia sampai di Ghadir Khum, malaikat Jibril
turun kepadanya dengan membawa perintah Allah swt. yang maha penting.
Allah swt. memerintahkan agarnya menghentikan rombongan di tempat
tersebut guna mengangkat Ali as. sebagai khalifah dan imam atas umat
setelahnya wafat. Juga ditekankan bahwa ia tidak boleh menunda-nunda
pelaksanaan perintah itu. Ketika itu turun ayat: “Hai Rasulullah,
sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu. Jika engkau
tidak melakukannya, maka berarti engkau belum menyapaikan semua
risalah-Nya. Dan Allah menjagamu dari kejahatan manusia.” (QS.
Al-Mâ’idah [5]:67)
Rasulullah
saw. menerima perintah tersebut dengan penuh perhatian. Dengan tekad
yang kuat membaja dan kehendak yang bulat, ia menghentikan perjalanan di
tengah-tengah terik matahari padang pasir. Ia memerintahkan agar
kafilah jamaah haji berhenti untuk mendengarkan ceramah yang akannya
sampaikan kepada mereka. Nabi saw. mengerjakan salat. Setelah usai
salat, ia memerintahkan supaya pelana-pelana unta disusun menjadi
mimbar. Setelah itu, ia saw. menyampaikan ceramah dengan penuh semangat.
Ia menyampaikan berbagai kesulitan dan rintangan yang melitang jalan
dakwah Islam yang pada saat itu umat manusia beada dalam kesesatan.
Kemudian ia menyelamatkan mereka. Ia telah menanamkan pondasi kultur
(Islam) dan kemajuan umat manusia. Kemudian ia saw. menoleh kepada
mereka seraya berkata: “Lihatlah bagaimana kalian memperlakukan dua
puaka berharga ini.”
Ketika itu sebagian orang bertanya: “Apakah dua pusaka itu, ya Rasulullah?”
Rasulullah saw. menjawab: “Pusaka yang lebih besar adalah kitab Allah; satu bagian jungnya berada di tangan Allah dan satu ujungnya yang lain berada di tangan kalian. Maka berpegang teguhlah kepadanya dan janganlah kalian tersesat. Pusaka lainnya adalah lebih kecil, yaitu keluargaku. Sesungguhnya Allah Yang Maha Lembut dan Mengetahui memberitahukan kepadaku bahwa kedua pusaka itu tidak akan berpisah hingga keduanya menjumpaiku di telaga Haudh. Kemudian aku mohon hal itu kepada Tuhanku. Maka janganlah kalian mendahului keduanya, karena kalian pasti akan binasa, dan janganlah kalian lalai dari keduanya, niscaya kalian akan hancur ….”
Kemudian Nabi saw. mengangkat tangan washî dan pintu kota ilmunya, Ali as. dan mewajibkan muslimin untuk ber-wilâyah kepadanya. Ia telah menobatkan dia sebagai pemimpin umat untuk menunjukkan mereka kepada jalan yang lurus.
Beliau saw. bersabda: “Hai manusia, siapakah yang lebih utama terhadap orang-orang beriman daripada diri mereka sendiri?”
Rasulullah saw. menjawab: “Pusaka yang lebih besar adalah kitab Allah; satu bagian jungnya berada di tangan Allah dan satu ujungnya yang lain berada di tangan kalian. Maka berpegang teguhlah kepadanya dan janganlah kalian tersesat. Pusaka lainnya adalah lebih kecil, yaitu keluargaku. Sesungguhnya Allah Yang Maha Lembut dan Mengetahui memberitahukan kepadaku bahwa kedua pusaka itu tidak akan berpisah hingga keduanya menjumpaiku di telaga Haudh. Kemudian aku mohon hal itu kepada Tuhanku. Maka janganlah kalian mendahului keduanya, karena kalian pasti akan binasa, dan janganlah kalian lalai dari keduanya, niscaya kalian akan hancur ….”
Kemudian Nabi saw. mengangkat tangan washî dan pintu kota ilmunya, Ali as. dan mewajibkan muslimin untuk ber-wilâyah kepadanya. Ia telah menobatkan dia sebagai pemimpin umat untuk menunjukkan mereka kepada jalan yang lurus.
Beliau saw. bersabda: “Hai manusia, siapakah yang lebih utama terhadap orang-orang beriman daripada diri mereka sendiri?”
Mereka menjawab: “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.”
Nabi saw. bersabda: “Sesungguhnya Allah adalah pemimpinku dan aku adalah pemimpin kaum mukminin. Maka aku lebih utama terhadap mereka daripada diri mereka sendiri. Barang siapa yang menjadikan aku sebagai pemimpinnya, maka Ali ini adalah pemimpinnya.” Ia mengulangi ucapan ini sampai tiga kali.
Nabi saw. bersabda: “Sesungguhnya Allah adalah pemimpinku dan aku adalah pemimpin kaum mukminin. Maka aku lebih utama terhadap mereka daripada diri mereka sendiri. Barang siapa yang menjadikan aku sebagai pemimpinnya, maka Ali ini adalah pemimpinnya.” Ia mengulangi ucapan ini sampai tiga kali.
Setelah
itunya melanjutkan: “Ya Allah, bimbinglah orang yang ber-wilâyah kepada
Ali dan musuhilah orang yang memusuhinya. Cintailah orang yang
mencintainya dan murkailah orang yang memurkainya. Tolonglah orang yang
menolongnya dan hinakanlah orang yang menghinakannya. Dan sertakanlah
hak bersamanya di mana saja dia berada. Hendaknya yang hadir
menyampaikan hal ini kepada yang gaib ….”
Dengan
ucapan tersebut, Nabi Muhammad saw. mengakhiri pidatonya, sebuah pidato
yang menentukan Ali as. sebagai rujukan seluruh umat manusia
sepeninggalnya saw. Ia telah menentukan seorang pemimpin yang mengatur
seluruh urusan kamu muslimin setelahnya.
Kaum
muslimin menyambut hal itu dengan membaiat Imam Ali as. dan menyampaikan
ucapan selamat atas jabatannya sebagai pemimpin muslimin. Nabi saw.
memerintahkan para Ummul Mukminin agar membaiatnya. Umar bin Khaththab
pun maju menghadap Ali as. untuk mengucapkan selamat dan menyalAmînya.
Ketika itu
Umar mengucapkan ucapannya yang masyhur: “Selamat, hai putra Abi Thalib,
engkau telah menjadi pemimpinku dan pemimpin setiap mukmin laki-laki
dan perempuan.”
Hassân bin Tsâbit pun bangkit untuk membacakan bait-bait syairnya:
Hassân bin Tsâbit pun bangkit untuk membacakan bait-bait syairnya:
Nabi memanggil mereka pada hari Ghadir Khum, dengarkanlah Rasul memanggil.
Dia berkata: “Siapaklah maula dan nabi kalian?” Mereka menjawab dan tidak seorang pun buta: “Tuhanmu adalah maula kami, dan engkau adalah nabi kami. Tak seorang pun di antara kami yang menentang.”
Dia bekata: “Bangkitlah, hai Ali. Aku rela engkau sebagai imam dan penunjuk jalan setelahku.
Barang siapa aku adalah walinya, maka Ali adalah walinya. Hendaklah kalian menjadi pengikutnya yang jujur.”
Dia berdoa: “Ya Allah, cintailah orang yang membantunya dan musuhilah orang yang mendengkinya.”
Sesungguhnya membaiat Imam Ali as. pada peristiwa Ghadir Khum adalah bagian dari missi Islam. Barang siapa yang mengingkarinya, berarti ia telah mengingkari Islam, seperti ditegaskan Allamah Al-‘Alâ’ilî.
Dia berkata: “Siapaklah maula dan nabi kalian?” Mereka menjawab dan tidak seorang pun buta: “Tuhanmu adalah maula kami, dan engkau adalah nabi kami. Tak seorang pun di antara kami yang menentang.”
Dia bekata: “Bangkitlah, hai Ali. Aku rela engkau sebagai imam dan penunjuk jalan setelahku.
Barang siapa aku adalah walinya, maka Ali adalah walinya. Hendaklah kalian menjadi pengikutnya yang jujur.”
Dia berdoa: “Ya Allah, cintailah orang yang membantunya dan musuhilah orang yang mendengkinya.”
Sesungguhnya membaiat Imam Ali as. pada peristiwa Ghadir Khum adalah bagian dari missi Islam. Barang siapa yang mengingkarinya, berarti ia telah mengingkari Islam, seperti ditegaskan Allamah Al-‘Alâ’ilî.
Duka Abadi
Setelah Nabi
saw. menyampaikan risalah Tuhan dan menjadikan Ali as. sebagai pemimpin
umat, kesehatannya mulai menurun hari demi hari. Ia terjangkit penyakit
demam berat seperti panas yang membakar. Ia mengenakan sehelai selimut.
Jika istri-istrinya dan para penjenguk meletakkan tangan mereka di atas
selimut tersebut, mereka pasti merasakan panasnya.
Kaum muslimin berbondong-bondong menjenguknya. Ia memberitahukan kepada mereka tentang ajalnya dan menyampaikan wasiatnya yang abadi. Ia berkata: “Hai manusia, sebentar lagi nyawaku segera akan diambil, lalu aku akan dibawa. Aku sampaikan kepada kalian sebuah amanat demi menyempurnakan hujah bagi kalian. Aku tinggalkan untuk kalian kitab Allah dan ‘Itrahku, Ahlul Baitku.”
Kaum muslimin berbondong-bondong menjenguknya. Ia memberitahukan kepada mereka tentang ajalnya dan menyampaikan wasiatnya yang abadi. Ia berkata: “Hai manusia, sebentar lagi nyawaku segera akan diambil, lalu aku akan dibawa. Aku sampaikan kepada kalian sebuah amanat demi menyempurnakan hujah bagi kalian. Aku tinggalkan untuk kalian kitab Allah dan ‘Itrahku, Ahlul Baitku.”
Ajal begitu
cepat mendekat kepadanya. Pada waktu itu, ia membaca ada glagat-glagat
fanatisme golongan di dalam diri para sahabat untuk berusaha keras
mengalihkan kekhalifahan dari Ahlul Baitnya as. Ia berpikir bahwa jalan
yang paling tepat adalah mengosongkan kota Madinah dari mereka dengan
cara mengutus mereka untuk memerangi bangsa Romawi. Ia menyiapkkan satu
pasukan perang di bawah komando Usâmah bin Zaid yang masih berusia muda.
Ia saw. tidak menyerahkan kepemimpinan pasukan kepada sahabat yang
sudah berumur. Bahkan ia malah memerintahkan mereka menjadi prajurit
Usâmah. Mereka merasa keberatan untuk bergabung dalam pasukan perang
Usâmah itu.
Mengetahui
hal itu, Rasulullah saw. segera naik ke atas mimbar dan menyampaikan
pidato. Ia berkata: “Laksanakanlah perintah Usâmah! Semoga Allah
melaknat orang-orang yang membelot dari pasukan Usâmah.”
Perintahnya yang tegas ini tidak menyenangkan hati mereka. Mereka malah memasukkan ucapannya itu ke telinga kanan dan mengeluarkannya dari telinga kiri. Mereka tidak menaati perintahnya. Ada beberapa pembahasan penting lain dari bagian sejarah Islam ini, dan kami telah memaparkannya dalam kitab Hayâh Al-Imam Hasan as.
Perintahnya yang tegas ini tidak menyenangkan hati mereka. Mereka malah memasukkan ucapannya itu ke telinga kanan dan mengeluarkannya dari telinga kiri. Mereka tidak menaati perintahnya. Ada beberapa pembahasan penting lain dari bagian sejarah Islam ini, dan kami telah memaparkannya dalam kitab Hayâh Al-Imam Hasan as.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar